Apakah SSL Certificate Meningkatkan Rangking -Benarkah memakai sertifikat ssl dapat meningkatkan rangking website dan posisi jadi meningkat di google,kalau benar apakah harus menggunakan SSL yang bagaimana sebaiknya ya ? Beberapa orang memang berpendapat demikian sejalan dengan pandangan sistem global yang diterapkan oleh mesin pencari terbesar google dot com. Bahkan seluruh pendapat juga mengacu kesana , hanya sedikit saja yang mempertanyakan kenapa harus pakai ssl dan mengapa google memberikan poin penting.

Jika dipahami dengan logika sederhana maka bisa ditelaah bahwa penggunaan ssl pada sebuah website pada awalnya ditujukan untuk masalah perlindungan konsumen , utamanya kalangan perbankan yang sangat berkepentingan dengan pengamanan pada data keuangan yang mereka miliki. Sejalan dengan perubahan era online dan meningkatnya kejahatan cyber , para pengguna mulai menyadari jika kenyamanan dan keamanan  online adalah kebutuhan yang tak bisa ditunda.

Namun jika ditelusuri lebih jauh, penggunaan ssl dan dampaknya terhadap peningkatan ranking website tidaklah sebesar yang digembor gemborkan oleh banyak kalangan, terlebih lagi pemakaian ssl juga tidak memerlukan banyak pengorbanan , sebab certificate ssl bisa diperoleh secara gratis sebagaimana yang disediakan oleh lets encrypt. Popularitas pemakaian ssl yang kian meningkat , utamanya ssl gratis , juga menjadi ancaman tersendiri bagi para pelaku bisnis yang berjualan ssl berbayar.

Beberapa data bisnis yang dirilis oleh perusahaan asing menyebutkan kalau penggunaan ssl premium mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir. Penurunan itu kian melebar sejalan dengan dominasi cloudflare yang melakukan ekspansi usaha besar besaran ke seluruh dunia , mereka memberikan ssl gratis yang biasanya dijual oleh perusahaan lain. Demikian halnya dengan perusahaan perusahaan hosting dalam segala tingkatan  yang terus menerus memberikan tawaran ssl gratis bagi para klien dan juga ssl free yang diberikan oleh google untuk pengguna blog berbasis blogspot (termasuk untuk versi custom domainnya ).

Kembali ke pertanyaan awal , apakah hubungan semua itu dengan peningkatan rangking di google saat website anda memakai SSL certificate , mengapa pemakaian ssl demikian massifnya di berbagai tempat ? Kalau anda jeli sejatinya upaya pemakaian ssl itu sangat berkaitan dengan data pelacakan pengguna. Ketika website tidak memakai ssl , seperti website kami ini SAMS.CO.ID maka data traffic yang masuk ke website ini tidak terkontrol oleh satu layanan , lalu lintas akan berjalan acak tanpa proses enkripsi.

Sementara bagi website yang sudah memakai SSL , maka lalu lintas traffic yang masuk tidak akan berjalanan acak sehingga beberapa pihak akan kesulitan dalam membaca data yang sebenarnya. Kelemahan ini dimanfaatkan oleh ISP atau para penyedia layanan internet seperti telkom , smartfren , xl , tri, indosat dan lain sebagainya. ISP cenderung memaksakan kehendak dengan memasang script iklan yang memberatkan dan mengganggu para konsumennya dan tindakan seperti itu sejatinya sudah menjadi bagian dari pelanggaran terhadap privasi konsumen.

Google ,sebagai mesin pencari yang terus menerus melakukan pelacakan kepada semua pengunjung, sangat tidak suka dengan ulah ISP atau pihak lain yang berupaya membajak traffiknya , sehingga agar para pemilik website mau memasang ssl maka mereka menerapkan parameter baru dengan janji akan memberikan peningkatan posisi di hasil pencarian bagi website website yang sudah menggunakan ssl certificate.

Apakah posisisnya langsung meningkat setelah pakai SSL ? Tidak juga , sebab ssl hanya salah satu parameter dari ratusan /ribuan ketentuan yang dimiliki oleh google. Hanya memakai ssl saja tak akan menjamin website anda langsung naik ke posisi utama dihasil pencarian . Anda harus tetap berjuang dan mengikuti prosedur perangkingan dan itu memerlukan pengorbanan waktu , kerja keras dan usaha usaha lainnya. Sehingga pemakaian ssl atau tidak sejatinya tergantung pada para pemilik website itu sendiri.

Apakah website yang memakai ssl pasti akan memiliki posisi yang lebih baik dibandingkan website yang belum menggunakannya ? Tidak juga , kami melakukan uji coba selama 2 tahun terakhir ketika menangani website klien yang memakai jasa seo dan layanan marketing dari kami. Penelitian dan uji coba yang kami lakukan memberikan hasil yang lebih jelas jika pemakaian ssl atau tidak pada suatu website tak terlalu berpengaruh pada peningkatan posisi. Bahkan ketika anda salah strategi dalam menerapkan ssl certificate maka posisi yang sudah ada akan sulit diperoleh kembali atau baru akan bisa dicapai kembali setelah beberapa bulan.

Dari hasil tersebut maka kami menarik kesimpulan kecil jika pemanfaat sertifikat ssl harus diletakkan pada kepentingan utama anda selalu pemilik website. Kalu memang website anda berhubungan langsung dengan data keamanan konsumen maka ssl wajib digunakan , namun jika website hanya sekedar untuk berbagi dan tidak berurusan dengan keamanan / privasi pengguna maka penerapan ssl bisa disesuaikan dengan selera anda sendiri.

Kami juga mengelola website lain yang memakai ssl ,tetapi khusus website ini awalnya sengaja tidak kami pasang ssl untuk mengetahui apakah bisa bersaing dengan web web yang sudah lebih dulu masuk ke halaman utama google, yang sudah mapan dan punya posisi baik. Ternyata untuk beberapa kata kunci dengan persaingan tinggi bisa mengalahkan mereka meski mereka sudah pakai SSL. Intinya siapa saja yang punya website bebas  pakai ssl atau tidak , sebab keberadaan anda sejatinya juga bebas dari campur tangan pihak lain. Jangan pernah mau dikontrol oleh robot yang bernama google atau robot robot lainnya, karena kita manusia.