Updated : Aug 09, 2021 in Informasi

Tiga Macam Niat Sholat Sunnah Sebelum Subuh Dan Tata Caranya

Doa Agar Aura Wajah Terpancar dan Bercahaya

Sholat sunnah yang dikerjakan sebelum sholat subuh adalah Sholat qobliyah subuh. Menurut pendapat jumhur ulama, terutama mazhab Syafi’I, shalat qobliyah subuh dua rakaat ini sama dengan sholat fajar.

Niat sholat sunnah sebelum subuh atau dikenal juga dengan istilah sholat sunnah qobliyah subuh ada tiga macam. Sebagai umat muslim, kamu bisa mengamalkan salah satu dari ketiga niat tersebut.

Berikut tiga macam niat sholat sunnah sebelum subuh yang bisa diamalkan :

  • Bacaan Pertama

“Ushalli sunnatal fajri rok’ataini ad’an lillahi ta’ala.”

Artinya : “Saya niat shalat sunnah fajar dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

  • Bacaan Kedua

“Ushalli sunnatal barodi rok’ataini ada’an lillahi ta’ala”

Artinya : “Saya niat shalat sunnah barad dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

  • Bacaan Ketiga

“Usholli sunnatas shubhi rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta’aala.”

Artinya : “Saya niat shalat sunnah subuh dua rakaat menghadap kiblat karena Alllah Ta’ala.”

Sholat sunnah sebelum subuh ini disebut juga dengan sholat sunnah rowatib yaitu sholat sunnah yang dikerjakan sebelum melaksakan sholat wajib atau fardhu.

Rasulullah SAW menganjurkan umat-Nya untuk mengerjakan sholat sunnah rowatib ini. Keutamaan sholat fajar ini yaitu lebih baik dari dunia seisinya. Sabda Rasulullah SAW :

“Rak’atal fajri khoirun minaddunia wamaa fiiha.”

Artinya : “Dua rakaat shalat fajar lebih utama dari dunia dan seisinya.” (HR. Muslim).

Seperti dikutip dari pecihitam.org, banyak sekali istilah yang digunakan untuk menyebutkan dua rakaat sebelum subuh. Dari redaksi hadits tersebut, menyebut shalat sunnah sebelum subuh itu dengan sholat sunnah fajar.

Ada juga yang menamainya sebagai sholat sunnah subuh karena dikerjakan sebelum sholat subuh. Sebagian ulama lainnya menyebut sholat sunah barad karena dikerjakan ketika hari masih dingin. Dan ada juga yang menamainya sebagai sholat ghadat yaitu sholat sunnah yang dikerjakan pagi – pagi sekali.

Sholat sunnah sebelum subuh bisa dikerjakan di rumah sebelum berangkat ke mushala atau masjid. Adapun niat shalat sunnah tersebut, Syaikh Nawawi Al Batani dalam kitabnya Nihayatuz Zain menyebutkan ada tiga macam seperti yang telah disebutkan diatas.

Lantas, bagaimana cara mengerjakan sholat sunnah sebelum subuh? Simak penjelasan dibawah ini :

1. Baca Surat Al – Kafirun Pada Rakaat Pertama, Baca Surat Al – Ikhlas Pada Rakaat Kedua

Setelah membaca niat dan mengucapkan takbir, pada rakaat pertama setelah membaca surat Al – Fatihah disunnahkan membaca Surat Al – Kafirun, sementara pada rakaat kedua disunnahkan membaca Surat Al – Ikhlas.

Hal itu didasarkan pada Hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan Abu Dawud dari Abu Hurairah Ra :

Yang artinya : “Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW membaca Al – Kafirun dan Al – Ikhlas pada saat shalat fajar dua rakaat.”

2. Tidak Dikerjakan Terlalu Lama

Shalat sunnah sebelum subuh ini dianjurkan untuk tidak dikerjakan terlalu lama karena statusnya hanya shalat sunah sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

3. Dianjurkan Berzikir

Setelah mengerjakan sholat sunnah sebelum subuh ini, sembari menunggu masuknya waktu subuh dianjurkan untuk berzikir. Bacaan dzikirnya yaitu “Ya Hayyu ya Qayyum Laa Ilaaha Illa Anta” sebanyak 40 kali. Surat Al – Ikhlas sebanyak 11 kali, surat Al – Falaq sebanyak 1 kali, dan surat An – Naas sebanyak 1 kali. Selain itu baca juga Subhanallah wa bihamdihi, Subhanallahil ‘adhmin, astaghfirullah sebanyak 100 kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *