Updated : Jul 22, 2021 in Informasi

Beberapa Model Penghisap Asap Yang Perlu Diketahui

Dapur yang memiliki udara sehat tentunya bisa membuat produktivitas memasak menjadi meningkat. Ada suatu perlengkapan dapur yang sering dimanfaatkan banyak orang sekarang ini yaitu penghisap asap. Dengan alat penghisap asap dapur rinnai tersebut, maka bisa sekaligus membuat dapur lebih cantik. Apa lagi, kalau cooker hood/ penghisap asap memiliki lampu, maka memasak saat malam hari bukan menjadi halangan. Tetapi fungsi utama dari penghisap asap sesuai namanya yaitu menghisap udara kotor atau asap saat kita memasak. Ada berbagai merek penghisap asap di pasaran. Sesuaikan ukuran penghisap asap dengan kompor, jadi Anda perlu mengukur panjang lebar kompornya.

Jika kompor dua tungku, maka pilihlah penghisap asap yang panjangnya sesuai panjang kompor. Lalu sebaliknya, kalau kompor anda empat tungku, maka pilih cooker hood besar. Dengan begitu, asap kompor dapat terserap dengan maksimal. Ada juga berbagai model penghisap asap yang dipasarkan. Setiap model penghisap asap memang cantik ketika kita pasang di dapur. Tetapi agar tak salah pilih, harus dicermati model yang paling sesuai dengan konsep dapur Anda. Beberapa model penghisap asap tersebut bisa anda simak di bawah ini.

Chimney hood, dengan cerobong & tampak elegan

Sesuai namanya, chimney merupakan cooker hood dengan bagian atas berbentuk cerobong. Untuk daya isap jenis chimney hood tergolong sangat bagus. Maka dari itu, chimney hood sering kali dipakai untuk di dapur restoran. Metode pemasangannya ini perlu anda tempelkan ke dinding. Chimney hood ini cocok dipasang pada kompor dengan posisi berhimpitan dinding. Memasang model chimney hood ini dapat membuat tampilan ruang dapur lebih elegan.

Island hood, untuk dapur luas

Selain chimney hood, ada juga island hood. Sebenarnya island hood mirip saja dengan model chimney hood, jadi island hood berbentuk cerobong juga pada bagian atasnya. Perbedaan dengan island hood yaitu island hood tersebut dipasang dengan digantung pada area tengah dapur. Kalau Anda punya dapur luas dan juga posisi kompor di area tengah dapur, maka island hood merupakan pilihan paling tepat.

Visor hood, sederhana untuk dapur konvensional

Ada juga Visor hood yaitu cooker hood yang tanpa cerobong. Pemasangan Visor hood lebih mudah dari pada model lain. Cooker hood satu ini cocok untuk pasang pada ruangan dapur konvensional dengan kabinet yang telah terpasang. Lalu kemudian Anda cukup menempelkan Visor hood di dinding yang terbuka atau pun menggantungnya di bagian bawah kabinet. Dibandingkan cooker hood yang model lainya, kisaran harga model visor hood tersebut lebih terjangkau.

Integrated hood, cocok untuk dapur yang minimalis dan tanpa cerobong

Integrated hood cukup mirip dengan model visor hood, model integrated hood merupakan penyaring asap tanpa memakai cerobong juga. Namun, untuk yang integrated hood memiliki bentuk lebih compact serta pemasangannya yang lebih rumit. Kita harus memesan pula kabinet dapur supaya ukurannya bisa sesuai cooker hood satu ini. Kalau secara sekilas, maka integrated hood tak akan mencolok dikarenaakn seakan tersembunyi pada bagian bawah kabinet. Kelebihan dari cooker hood satu ini yaitu membuat dapur tampak lebih cantik dengan nuansa minimalis

Downdraft hood, meja menyatu dengan cooker hood

Kalau cooker hood lain digantung dan di atas, cooker hood ini dipasang dalam meja. Anda perlu merancang meja supaya model downdraft ini di dalamnya bisa terpasang. Pada saat memasak, Anda hanya cukup menekan control panel meja sehingga downdraft akan keluar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *