Updated : May 23, 2020 in Olahraga

Olahraga Terbaik untuk Ibu Hamil

Untuk ibu hamil, mungkin merasa kesulitan untuk berolahraga karena kondisi perut yang semakin besar. Namun, ada juga pilhan olahraga ibu hamil yang aman dan dapat membantu saat persalinan normal nanti. Melansir dari laman Pregnancy Related, ada 8 olahraga ibu hamil yang bisa Kamu praktekan di rumah. Olahraga ibu hamil ini slain menyehatkan juga mudah dilakukan Bunda yang sedang hamil tua. Berikut beberpa tips olahraga saat puasa di bawah ini.

Berjalan Kaki
Berjalan kaku mempunyai banyak sekali manfaat untuk ibu hamil. Olahraga yang sangat mudah dilakukan ini ternyata bisa mendorong kontraksi secara alami. Saat ibu hamil sudah mengalami kontraksi, berjalan kaki dengan tegak bisa membantu bayi berada dalam posisi ideal untuk lahir.

Olahraga ibu hamil dengan duduk di bola
Sat perut ibu kamil begitu besar dan mulai mengalami kontraksi, posisi duduk yang benar bisa membantu ibu hamil mengurangi rasa sakit, menguatkan tubuh, serta menstabilkan posisi panggul.

Hindari duduk di tempat tidur atau sofa yang empuk dan membuat bokong ibu hamil tenggelam. Pastikan ibu hamil duduk dnegan posisi Tegan dan panggul yang terkunci ke depan. Gantu kursi Ibu hamil dengan bola yoga seperti gambar dia atas agar panggul selalu lurus. Ibu hamil juga bisa mencoba posisi lain dengan duduk bersila di lantai dan meregangkan kaki sehingga rahim bisa terdorong ke depan. Posisi ini juga bisa membantu Bunda melahirkan dengan lebih mudah.

Jongkok Berdiri (Squat)
Berjongkok kemudian berdiri lalu diulang kembali adalah cara melakuan squat. Olahraga ibu hamil yang satu ini dianggap olahraga paling aman yang bisa dilakukan oleh Ibu Hamil yang tengah hamil tua untuk menyiapkan tubunya menghadapi persalinan. Squat membamntu menguatkan otot panggul Bunda menjadi lebih baiuk dan mendorong bayi gar turun lebih rendah, Supaya persalinan normal berjalan lancer, lakukan squat mendekati waktu perkiraan lahir.

Cara melakukan squat:
Berdiri dengan kaki dilebarkan, kemudian turun perlahan sampai posisi jongkok dengan punggung tetap tegak seperti saat berdiri, Tahan posisi ini selama 30 detik, kemudian berdiri lagi tanpa bantuang tangan. Ulangi prosesnya selama 10-20 menit setipa haru untuk membantu mengurangi sakit punggung saat hamil.

Mengangkat dan memiringkan Panggul/Pelvis
Mengankat panggul adalah olahraga ibu hamil yang sangat mudah dilakukan di rumah. Ibu tinggal menyiapkan matras yang nyaman untuk telentang, kemudian tekuk lutut dengan telapak kai menjejak lantai. Secara perlahan angkat panggul Anda, pastikan bahi dan kaki tidak ikut terangkat. Olahraga ini tidak hanya membantu mengecangkan otot, tapi juga menjaga send panggul tetap longgar sehingga bayi bisa berda dalam posisi terbaik untuk lahir.

Lakukan olah raga ini selama 5-10 menit setiap hari sambal mendengarkan music favorit Bunda.

Lunges (merentangkan satu kaki dan menekuk kaki lainnya)

Ibu hamil yang tidak pernah melakukan yoga pada saat hamil akan mengalami pembengkokan sendi rahim bagian bawah dan menyebabkan posisi rahim menyempit. Bayi pun mengalami tekanan dan sulit berada dalam posisis yang baik untuk lahir, Hal ini bisa dikurangi dengan melakukan lunges, salah sati posisi yohga yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Posisi ini membantu sendi rahim agar tidak bengkok dan mempersiapkan tubuh ibu untuk proses persalinan yang lebih mudah. Caranya adalah dnegan berdiri menghadap ke depan, kemudian tempatkan satu kaki di depan, tekuk lutut biarkan kaki belakan dalam posisis memanjang, Gerakan ini bisa dilakukan secara menyampinh atau lurus ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *